The Jupiters Jalani Sesi Latihan Terakhir Sebelum Bertolak ke Langkawi

The Jupiters Jalani Sesi Latihan Terakhir Sebelum Bertolak ke Langkawi
Jupiter Aerobatic Team (JAT) usai latihan, Selasa (19/3/2019). Sumber gambar: JRN.

AVTEN - Tim aerobatik TNI Angkatan Udara (AU), Jupiter Aerobatic Team (The Jupiters) siang (Selasa, 19/3/2019) ini menjalani sesi latihan terakhir sebelum bertolak ke Langkawi, Malaysia, Rabu (20/3/2019). Kepala Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna, memantau langsung latihan yang mereka gelar di Lanud Adisutjipto.

“Besok mereka akan berangkat memenuhi undangan dari Malaysia untuk melaksanakan airshow di Langkawi International Maritime Aerospace (LIMA) Exhibition 2019. Hari ini mereka melaksanakan latihan terakhir, dan saya menyaksikan secara langsung latihan mereka untuk ditampilkan nanti di Langkawi,” terang Yuyu.

Menurutnya, The Jupiters sudah menjadi ikon kebanggaan bagi Bangsa Indonesia. “Tidak hanya kebanggaan Angkatan Udara, tetapi juga kebanggaan Bangsa Indonesia. Mereka sudah berkiprah di event-event nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Selain memantau langsung sesi latihan terakhir ini, Yuyu juga memberikan arahan-arahan kepada seluruh personel yang terlibat, baik kru udara maupun kru darat. Dia juga menekankan kepada mereka pentingnya keselamatan terbang dan kerja sebagai hal yang tidak bisa ditawar-tawar.

“(The Jupiters) adalah etalasi bagi Angkatan Udara dan Bangsa Indonesia untuk menampilkan sekelumit kemampuan Angkatan Udara, terkait dengan profesionalisme mereka di bidang aerobatik,” tegasnya.

Saya berharap, lanjutnya, mereka bisa tampil baik di Malaysia sehingga bisa membanggakan kita semua, membanggakan TNI Angkatan Udara khususnya.

“Saya harap mereka bisa tampil baik dan bisa menampilkan yang terbaik untuk bangsa kita,” harapnya.

Di panggung internasional, The Jupiters telah sering kali tampil di sejumlah event kedirgantaraan negara sahabat, khususnya Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Mereka juga telah rutin tampil di Singapore Airshow dan LIMA.

“Jadi sudah beberapa di negara ASEAN. Saya juga mendapat undangan yang lebih lagi, tetapi karena jarak yang tidak bisa kita tempuh dengan pesawat kecil ini, sehingga kita baru bisa memenuhi di lingkup ASEAN,” tandas Yuyu.