DANDIM 0610 SUMEDANG INTRUKSIKAN PRAJURIT SWSEMBADA PANGAN GUNAKAN MEDIA POLYBAG

DANDIM 0610 SUMEDANG INTRUKSIKAN PRAJURIT SWSEMBADA PANGAN GUNAKAN MEDIA POLYBAG
MEDIA TANAM POLYBAG

Sumedang, Fenomena,- Dalam rangka upaya mangatasi kesulitan ekonomi akibat bencana non alam yaitu pandemi covid-19 saat ini, Dandim 0610 Sumedang mengajak dan mengintruksikan kepada seluruh anggota untuk memanfaatkan lahan sekitar kantor Kodim, kantor Koramil dan rumah prajurit untuk menanam berbagai macam tanaman sayuran menggunakan media polybag.

“kami memulai dengan pengisian tanah di polybag dan penyemaian bibit yang akan ditanam yaitu bibit cabe rawit, cabe, tomat dan terong,” kata Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE., M.Si. dandim menjelaskan dengan gerakan menanam cabe dan sayuran dipekarangan rumah ini melalui media polybag baik bagi lingkungan, karena selain penghijauan dan memaksimalkan lahan kosong juga bisa menambah penghasilan keluarga. “kami mulai menggalakannya dilingkungan perkantoran maupun di perumahan prajurit,” terangnya.

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan, dimana saat ini kebutuhan rumah tangga cenderung mengalami kenaikan yang sangat melonjak, seperti cabe dan kebutuhan yang lainnya, hal ini juga diakibatkan oleh adanya wabah covid-19. Untuk itu guna mensiasatinya Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.,M.Si mengajak kepada seluruh anggota kodim 0610 Sumedang untuk menanam cabai dan sayuran dengan menggunakan polybag. Dilingkungan Makodim saya sudah siapkan 3050 polybag, dan saya instruksikan minimal 16 polybag setiap perumahan prajurit serta di Koramil saya instruksikan 50 polybag.

Selain itu, Dandim juga mengajak prajuritnya menghijaukan pekarangan rumah, hal semacam itu juga agar menjadi sarana pemberian contoh dan motivasi kepada masyarakat, terutama kepada ibu rumah tangga untuk mau berusaha paling tidak untuk meringankan beban ekonomi keluarga. “Dengan menanam sendiri di pekarangan rumah melalui media tanam seadanya. Kebutuhan bumbu dapur bisa terpenuhi tidak meski membeli,” tegasnya.

Ia juga menilai tidak ada ruginya apabila masyarakat mau memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk pertanian. Selain sebagai penyalur hobi menanam berbagai tanaman seperti sayuran dan lainnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga serta dapat meringankan ekonomi keluarga khususnya untuk sayur-sayuran dan cabai. Tidak membeli lagi karena sudah punya tanam sendiri, sehingga dapat menghemat pengeluaran keuangan rumah tangga,” pungkas Dandim. **Wem