Angkutan pelabuhan harus dapat ijin dari Badan usaha pelabuhan, begitupun kapal bersandar

Angkutan pelabuhan harus dapat ijin dari Badan usaha pelabuhan, begitupun kapal bersandar
Pelabuhan cirebon

CIREBON-, Menurut Keterangan Ketua Umum Lsm Generasi, Wem Asikin, saat ini Pemerintah telah mengeluarkan aturan Perizinan usaha angkutan pelabuhan untuk feri dan barang dalam PP Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran.

Pasal 62 ayat 2 turunan dari UU Cipta Kerja ini, menyebutkan jika penyedia jasa kapal untuk penumpang dan barang wajib memiliki izin usaha dari Badan Usaha Pelabuhan. 

Adapun Badan Usaha Pelabuhan ini terdiri dari Bupati atau Walikota untuk tingkat pelabuhan feri lokal. Lalu Gubernur, sebagai Badan Usaha Pelabuhan di Tingkat Pelabuhan, dan Menteri untuk Perizinan Usaha Pelabuhan Utama dan Pelabuhan Pengumpul.

Badan Usaha Pelabuhan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dalam melakukan kegiatan usaha wajib memiliki perizinan Berusaha Badan Usaha Pelabuhan, " Ungkap Wem Asikin menjelaskan aturan PP tersebut, Rabu (02/06/2021).

Kemudian ditambahkannya, pada ayat (1) Pasal 62 PP Nomor 31 Tahun 2021, pemerintahan mengatakan jika izin dari Badan Usaha Pelabuhan dalam menyediakan atau menjalankan layanan kapal, penumpang dan barang, dapat dilakukan untuk lebih dari satu terminal.

Badan Usaha Pelabuhan dalam penyediaan dan/atau pelayanan jasa kapal, penumpang dan barang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat (2) dapat melakukan kegiatan pengusahaan untuk lebih dari satu (1) Terminal.

Terkait banyaknya kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Cirebon, baik yang masih berlayar dan bersandar atau pun yang sudah tidak layak jalan, Wem Asikin selaku Ketum Lsm Generasi, mengizinkan perizinan kapal-kapal tersebut, apakah diizinkan atau tidak ada proses yang ditempuh oleh para pemilik kapal tersebut kepada pihak yang berada. Karena semua itu sangat penting, karenanya apabila keganjilan, bersiap siap untuk melaporkan pihak-pihak yang disinyalir akan merugikan negara.

" Kami mempertanyakan izinnya kapal-kapal yang bersandar dan berlabuh di Pelabuhan Cirebon, dan pada hari Kamis 27 Mei 2021 lalu, saya mengutus anggota Lsm Generasi, untuk menghadap Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KKOP) kelas 2 Cirebon dijalan Donggala No 3 Cirebon 25112 Namun sayang ketika anggota kami sudah sampai di kantor tersebut, menurut staf disana katanya Bapak Kepala baru datang mau rapat dengan para kasi, dan tidak bisa di wawancara hari ini, " ungkap Wem.